Tips - Tips dalam Membuat Vlog

Ngevlog saat ini bukan hanya kegiatan para artis aja, orang biasa juga udah mulai banyak yang ikut mengabadikan kesehariannya dalam bentuk video blog. Dari sekian banyak ‘artis baru’ di jagat YouTube, beberapa orang berhasil mendadak ngetop, namun gak sedikit juga yang akhirnya berhenti ngevlog karena kurang dikenal.

Tidak populernya sebuah vlog itu bergantung pada beberapa faktor. Salah satunya adalah kualitas video. Baik buruknya kualitas sebuah vlog pasti akan berpengaruh pada jumlah viewers dan subscribers. Ya, walaupun media sosial sangat berperan dalam kesuksesan kamu, tapi vlog yang bagus harus diawali dengan kualitas video yang baik.
Terus, gimana sih cara bikin vlog tanpa terlihat alay? Cobain deh tips berikut.
Sebelum mulai nge-vlog kamu harus perhatikan hal berikut ini
1. Mengapa kamu ingin nge-vlog?

Sumber: metro.co.uk
Tanya sama diri kamu sendiri, kenapa kamu pengen nge-vlog. Cuma buat sekedar bersenang-senang atau untuk jangka panjang sebagai penunjang karier kamu ke depannya? Kalau Loopers memang pengen menjadi seorang vlogger profesional, kamu harus benar-benar meluangkan waktu untuk memikirkan konsep dan eksekusinya.
2. Tentukan tema yang gak alay

Sumber: haromkiralyfi.hu
Mulai pikirkan tema sesuai dengan bahasan ringan yang kamu kuasai. Bikin tema-tema yang agak sulit namun jarang dipakai vlogger lainnya memang bagus, tapi akan menyulitkan kamu ke depannya. Meski memiliki tema yang cukup mainstream, Loopers bisa mengakalinya dengan membuat sentuhan yang berbeda pada vlog buatanmu.
3. Pilih nama channel yang catchy

Sumber: ehowtomake.com
Sepele sih, tapi pemilihan nama pada channel YouTube kamu akan sangat berpengaruh terhadap branding kamu ke depannya. Pilih nama yang sekiranya mudah diingat, unik, namun tetap mewakili keseluruhan isi vlog yang kamu sajikan dalam channel pribadimu tersebut.
Latihan ngevlog juga penting lho, berikut langkah-langkahnya
1. Latihan di depan cermin

Sumber: youtube.com
Sebelum benar-benar mulai merekam keseharianmu lewat vlog, ada baiknya untuk berlatih terlebih dahulu dengan berbicara di depan cermin. Terutama buat Loopers yang memang merasa sulit untuk berbicara di depan publik atau di depan kamera. Kalau memang belum memungkinkan, Loopers bisa mengakalinya dengan membuat konsep voice-over di dalam video Loopers.
2. Pelajari teknik pengambilan video

Sumber: quora.com
Coba cari tahu angle yang bagus buat calon video blogmu nanti. Selain itu, Loopers juga perlu menguasai teknik pengambilan gambar dalam kamera. Misalnya kapan harus mengatur iso atau merekam suara dengan jernih agar vlogmu memiliki kualitas yang baik


Saatnya ngevlog! Simak tipsnya berikut ini ya Loopers
1. Pemilihan kamera yang tepat

Sumber: wearetop10.com
Untuk menghasilkan rekaman video seperti tampilan profesional, kamu disarankan untuk menggunakan kamera yang berkualitas HD. Kalau Loopers berpikir kamera HD masih berharga mahal, kamu salah besar. Saat ini, sudah banyak tersedia kamera berkualitas dengan harga terjangkau di pasaran. Tapi, kalau dengan harga 1-3 juta masih termasuk mahal untuk Loopers, kamu bisa mencoba merekam video menggunakan kamera smartphone.
2. Perhatikan juga kualitas audio yang baik

Sumber: adorama.com
Jangan cuma memerhatikan kualitas video, kualitas audio dalam sebuah vlog juga sangat penting. Percuma kan kalau penonton vlog Loopers kesulitan mendengar suara kamu? Nah, untuk itu sepertinya Loopers butuh perekam suara eksternal supaya suara kamu bisa terdengar lebih jernih saat rekaman. Alternatif lainnya bisa kamu coba dengan merekam suara menggunakan aplikasi perekam suara di smartphone.
3. Kualitas cahaya dan background juga penting!

Sumber: pinterest.com
Ini nih yang paling krusial dalam pembuatan sebuah vlog. Kalau Loopers ingin membuat video dalam ruangan yang cukup gelap, kamu bisa menambahkan sebuah lampu khusus agar kualitas video kamu terlihat lebih wah. Lampu-lampu kayak gitu juga udah banyak dijual di online shop kok, jadi kamu gak perlu khawatir lagi.
Terakhir, belajar edit video!
1. Pilih software yang tepat

Sumber: youtube.com
Jangan berpikir kalau bagian ini cuma bisa dilakukan sama editor profesional. Soalnya, sekarang udah banyak banget aplikasi edit video yang bisa Loopers gunakan dengan mudah. Beberapa yang cukup sering digunakan yaitu Adobe Premiere, Sony Vegas, dan Finat Cut Pro. Untuk tutorialnya juga bisa dengan mudah kamu cari di internet.
2. Buat Logo dan intro video di channel kamu

Sumber: it.avatar-nusantara.com

Saat proses editing berlangsung, kamu juga bisa menambahkan beberapa elemen penting seperti logo dan intro video. Usahakan untuk menambahkan logo tersebut di setiap video yang kamu buat sebagai ciri khas dari vlog di channel kamu.

http://www.loop.co.id/articles/mau-nge-vlog-tanpa-terlihat-alay-cobain-deh-tips-berikut?page=2

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peta Wisata Kecamatan Tutur - Pasuruan

Pengertian Business Practice