Pengertian Business Practice

BUSINESS
Dalam ilmu ekonomibisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.
Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata “bisnis” sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya “bisnis pertelevisian.” Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Meskipun demikian, definisi “bisnis” yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.
PRACTICE
Praktik terbaik (Bahasa Inggrisbest practice) dapat didefinisikan sebagai suatu cara paling efisien (upaya paling sedikit) dan efektif (hasil terbaik) untuk menyelesaikan suatu tugas, berdasarkan suatu prosedur yang dapat diulangi yang telah terbukti manjur untuk banyak orang dalam jangka waktu yang cukup lama.
Matakuliah ini dirancang agar mahasiswa menguasai alat analisis kuantitatif untuk melakukan analisis kebijakan dan pembuatan keputusan strategik. Matakuliah ini mencakup aplikasi alat-alat statistika, khususnya teknik peramalan. Game theory juga akan dibahas sebagai alat kuantitatif untuk menganalisis situasi dimana para pembuat keputusan yang rasional berinteraksi dalam suatu peristiwa yang hanya terjadi sekali maupun yang berkelanjutan. Konsep-konsep dasar seperti sequential and simultaneous moves, pure and mixed strategiesNash equilibriazero and non-zero games akan dipakai untuk menganalisis market and competitioninformation uncertaintystrategic movesbargaining, auction design. Melalui matakuliah ini mahasiswa akan dilatih untuk membangun model kuantitatif dari topik bahasan dalam manajemen strategik.
Matakuliah ini dirancang agar mahasiswa mampu menganalisis dinamika karakteristik industri baik di pasar lokal maupun global, yang dipengaruhi dan mempengaruhi keputusan perusahaan untuk bertahan dan berkembang. Materi yang akan dibahas antara lain paradigma struktur-perilaku-kinerja, ko-opetisi, batas perusahaan, keunggulan bersaing, dan kebijakan industri. Mahasiswa akan diperkenalkan dengan berbagai kerangka pikir, konsep, dan indikator industri untuk dipakai dalam tulisan ilmiah yang merupakan kajian kritis atas industri tertentu.
Matakuliah ini dirancang agar mahasiswa menguasai konsep mutakhir yang menyatukan tantangan-tantangan strategik, pemasaran, operasional, dan sistem informasi termasuk penekanan pada pentingnya proses dan budaya perusahaan sebagai syarat pendukung keberhasilan pelasanaan manajemen rantai nilai. Selain membahas beberapa teori yang terkait dengan isu-isu utama, mata kuliah ini menekankan pentingnya diskusi dan berbagi pengalaman baik dengan dosen matakuliah yang berpengalaman maupun dengan praktisi manajemen puncak yang hadir sebagai dosen tamu.
Karena peran pemangku kepentingan sangat besar pengaruhnya terhadap keberhasilan dan kesinambungan suatu bisnis, seorang ahli strategi perlu memahami bagaimana membangun model pengikatan dengan para pemangku kepentingannya. Matakuliah ini akan memberi bekal pengetahuan praktis sehingga mahasiswa mampu mengembangkan suatu model strategi khusus penanganan pemangku kepentingan yang sesuai dengan karakter bisnis, industri, dan konteks sosial budaya dimana organisasi tersebut beroperasi. Matakuliah ini akan dibimbing oleh dosen yang juga berpengalaman sebagai praktisi. Selain itu, beberapa pengajar tamu akan diundang untuk berbagi pengalaman mereka kepada para peserta.
Matakuliah ini dirancang agar mahasiswa mampu berpikir, memutuskan, dan bertindak sebagai seorang ahli strategi melalui beberapa simulasi berbasis skenario dunia nyata. Peserta diharapkan memainkan peran sebagai seorang ahli strategi di suatu perusahaan atau bentuk organisasi lainnya, yang dihadapkan pada masalah dan tantangan aktual. Pendekatan yang diberikan akan menstimulir peserta untuk berpikir secara strategik, yang memungkinkan mereka mencari pemecahan masalah secara kreatif, dan memberikan kesempatan untuk mendemonstrasikan kepemimpinan mereka dalam menerapkan suatu keputusan strategik tertentu yang telah diambil. Peserta matakuliah ini akan dibimbing oleh dosen yang juga seorang praktisi berpengalaman. Selain itu, peserta akan memperoleh kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan beberapa praktisi manajemen puncak di Indonesia.
Matakuliah ini menjadi ajang kesempatan bagi peserta dalam dua bentuk, pertama adalah kesempatan untuk mempelajari perspektif dan pengalaman praktisi senior, dan kedua adalah kesempatan bagi peserta sendiri untuk mendemonstrasikan pemahaman dan kompetensi mereka dalam bidang manajemen strategik. Topik seminar dipilih berdasarkan aktualitas dan relevansinya dengan konteks Indonesia. Pelaksanaan seminar dapat dilakukan dengan cara mengundang pembicara dari luar dan atau mendorong peserta menggunakan kesempatan ini untuk berbagi atau bertukar hasil observasi atau perspektif mereka sendiri tentang suatu isu strategik yang terkait dengan lingkungan bisnis Indonesia.

 https://yusiainulyakin2013ulfanovilia.wordpress.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peta Wisata Kecamatan Tutur - Pasuruan

Pengertian VLOG